Kamis, 29 Agustus 2013

Korupsi Sistemis Hambalang

Korupsi Sistemis Hambalang
Marwan Mas ;   Guru Besar Ilmu Hukum Universitas 45, Makassar
MEDIA INDONESIA, 29 Agustus 2013


BADAN Pemeriksa Keuangan (BPK) sudah menyerahkan hasil audit tahap kedua dugaan korupsi pembangunan sarana dan prasarana olahraga di Bukit Hambalang kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Oleh karena itu, KPK harus bergerak cepat menindaklanjuti temuan BPK dengan memeriksa 15 nama anggota DPR yang disebut dalam laporan tersebut. Mereka diduga telah menyalahgunakan wewenang sejak pengusulan, penganggaran, hingga pemenangan tender.

Untuk membuat terang kasus ini, bukan hanya Andi Alifian Mallarangeng dan Anas Urbaningrum yang harus bertanggung jawab, semua nama yang disebut harus dibuktikan secara materiil. Apalagi dugaan penyalahgunaan terjadi begitu sistemik dan terstruktur, mulai saat pengusulan, penganggaran, sampai pada rekayasa pemenang tender. Audit BPK menyebutkan, selama 2010 dan 2011, ada anggaran ratusan miliar rupiah mengucur tanpa pengawasan DPR.
Wajar jika banyak kalangan yang menilai proyek Hambalang adalah korupsi sistemis karena melibatkan eksekutif, legislatif, dan pengusaha yang memenangi tender.

Meski begitu, hasil audit juga tetap perlu dikritisi lantaran peran tersangka mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng serta Anas Urbaningrum tidak disebutkan dengan detail. Bagaimana bentuk peran keduanya dan adakah dana yang mengalir ke kantong mereka sehingga proyek Hambalang bisa disetujui DPR tidak terungkap sama sekali. Seharusnya BPK menyelisik dugaan peran kedua tersangka karena akan dijadikan bukti materiil dalam surat dakwaan.

Enam penyimpangan

Hasil audit BPK tahap kedua pada proyek bernilai Rp1.175 miliar itu menemukan penyim pangan amat besar yang merugikan keuangan negara. Apabila pada hasil audit tahap pertama diungkapkan keterlibatan man tan Menpora Andi Mallarangeng, mantan Sekretaris Kemenpora Wafid Muharam, dan Dirjen Anggaran Kemenkeu Anny Ratnawati (sekarang Wamen Keuangan), pada audit tahap kedua sekarang ditemukan keterlibatan 15 anggota DPR dari Komisi Olahraga.

Inisial ke-15 nama anggota DPR telah beredar di media massa, dan ada di antara mereka yang sudah berani tampil di media dengan membantah keterlibatannya. Karena sudah telanjur diketahui publik, tidak ada alasan bagi KPK dan DPR untuk tidak membuat terang dugaan keterlibatan mereka.
Sebab kasus Hambalang yang tergolong korupsi sistemis menjadi `taruhan kredibili tas' KPK. Termasuk janji KPK kepada publik bahwa akan menahan kedua tersangka setelah hasil audit BPK dises rahkan. DPR pun harus mendorong dan mengawasi KPK agar semuanya terungkap jelas.

Menurut anggota BPK Ali Masykur Musa (Suara Karya, 24/8/2013), dalam audit investi gatif tahap dua terdapat enam tahap penyimpangan yang dilakukan secara sistematis. Pertama, terjadi saat proses pengurusan hak atas tanah; kedua, pada saat proses pengurusan izin mengenai proyek Hambalang; ketiga, terjadi pada proses pelelangan; keempat, saat proses persetujuan RK-KAL dan kontrak tahun jamak; kelima, pada saat pelaksanaan proyek konstruksinya yakni bangunan tidak digunakan karena tidak layak; dan keenam, terjadi saat mekanisme pembayaran dan aliran dana yang diikuti rekayasa akuntansi.

Berdasarkan seluruh penyimpangan tersebut, BPK menyimpulkan adanya indikasi kerugian negara dari proyek Hambalang sebesar Rp471,707 miliar. Tetapi, setelah dikurangi anggaran yang masih tersisa pada PT Adhi Karya-Wijaya Karya sekitar Rp7 miliar, maka potensi kerugian negara menjadi Rp463,6 miliar. Namun, hasil audit itu belum secara terpe rinci menghitung kerugian negara berkaitan dengan tersangka Andi Mal larangeng dan Anas. Makanya, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto meminta agar BPK menguraikan perihal angka kerugian negara, termasuk peran tersangka.

Momentum

Megaskandal Hambalang mulai diselidiki KPK sejak Agustus 2011. Andi Mallarangeng ditetapkan sebagai tersangka pada Desember 2012 saat masih menjabat menteri pemuda dan olahraga, sedangkan Anas menjadi tersangka pada Februari 2013. KPK harus menjadikan audit BPK sebagai `momentum' yang tidak boleh lepas lagi.

Keterlibatan Anas lantaran diduga menerima hadiah atau janji saat masih menjabat anggota DPR pada 2009 terkait dengan proses pelak sanaan dan perencanaan pembangunan proyek Hambalang dan proyek lainnya. Hadiah tersebut berbentuk uang yang menjadi bagian dari uang pembelian sebuah mobil mewah Toyota Harrier. Tetapi KPK belum menemukan bukti keterlibatan Anas terhadap penggelontoran dana Hambalang.

Kotak pandora harus dibuka lebar KPK, tidak boleh momentum yang baik itu disia-siakan. Sebab upaya luar biasa meme rangi korupsi harus berefek pada pengungkapan semua yang diduga terlibat. Memang bukan persoalan gampang, tetapi dukungan publik harus dijadikan motivasi dan berani mengabaikan intervensi yang mungkin mewarnai kasus ini. Jangan sampai KPK kembali terjebak dengan pola kerja yang hanya mahir mengungkap kasus, tetapi tidak pernah dituntaskan sampai ke akarnya.
Sudah cukup lama rasa keadilan rakyat dirampas oleh para koruptor. Mereka banyak akal, seperti terlihat pada enam fase penyimpangan dalam audit BPK.
Karena proyek Hambalang menyangkut `uang besar' sehingga boleh jadi banyak elite politik dan kekuasaan yang tergoda untuk mendapatkan bagian. Aspek itu juga yang membuat banyak waktu yang dibutuhkan KPK. Apalagi proyek Hambalang memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga ramai-ramai ditutup rapat.

Para mafioso proyek di Senayan akan berupaya keras menutup rapat kotak pandora. Caranya dengan negosiasi kekuasaan, atau bisa juga dengan rayuan finansial. Tetapi saya percaya KPK tidak akan terpengaruh sehingga dipastikan kasus Hambalang akan sampai ke sidang pengadilan. KPK harus tetap waspada dari kelihaian mafia yang akan terus berupaya memainkan proses hukum agar melenceng dari jalurnya.

Penanganan kasus Hambalang pantang serampangan sebab sudah menjadi pusat perhatian publik lantaran bersentuhan dengan elite partai penguasa. Makanya, KPK harus ekstra cermat dan mempersenjatai diri dengan bukti-bukti yang superkuat. Salah satunya hasil audit BPK dan kesaksian Nazaruddin yang pertama kali membongkar ke ruang publik. Keselamatan Nazaruddin yang saat ini menjalani pidana dalam kasus Wisma Atlet menjadi penting dan harus dijaga KPK. Saat ini rakyat tengah menanti ending drama Hambalang. ●  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar