Rabu, 23 Juli 2014

Pengaruh Sistem Pembayaran terhadap Investasi

       Pengaruh Sistem Pembayaran terhadap Investasi

Achmad Deni Daruri  ;   President Director Center for Banking Crisis
KORAN SINDO,  21 Juli 2014
                                                


KERJA sama ekonomi regional baik itu di Eropa, Asia, ataupun Amerika akan berbentuk pasar bebas tingkat regional. Investasi akan terhambat jika pembayaran mengalami penundaan sebagaimana yang diteliti Ozbay.

Dia (2013) mengatakan ”strong evidence that a prize linked saving payment option leads to greater rates of payment deferral than does a straight forward interest payment option of the same expected value”. Belajar di Uni Eropa akan sangat bermanfaat untuk menganalisis pengaruh sistem pembayaran terhadap investasi. Komisi Uni Eropa menerbitkan Green Paper yang mampu mengidentifikasi sistem pembayaran yang efisien dan kompetitif sebagai pendorong utama untuk pengembangan pasar internal di Uni Eropa.

Sistem ini ditopang oleh pesatnya kemajuan teknologi, khususnya online dan pembayaran seluler, yang kemungkinan akan mengubah fungsi pasar. Green Paper telah menilai lanskap saat ini dari pembayaran kartu, internet, dan seluler di Eropa. Ini juga mengidentifikasi kesenjangan antara situasi saat ini dan visi pasar pembayaran yang terintegrasi penuh dan hambatan yang telah menciptakan kesenjangan tersebut.

Tujuan dari Green Paper adalah memulai proses konsultasi skala luas dengan para pemangku kepentingan pada analisis ini dan untuk membantu mengidentifikasi cara yang tepat untuk meningkatkan integrasi pasar. Dengan demikian, kebutuhan akan investasi dan pengaruhnya terhadap investasi juga akan semakin terukur.

Dalam Green Paper, komisi menetapkan visi dan tujuan dari pasar pembayaran yaitu bahwa tidak boleh ada perbedaan antara pembayaran lintas batas dan domestik. Atas dasar standar dan buku aturan yang diberikan, perbedaan ini juga harus menjadi usang untuk pembayaran non-euro dalam Uni Eropa. Ini akan mengakibatkan pasar tunggal digital yang sebenarnya di tingkat Uni Eropa.

Integrasi penuh berarti lima hal: Pertama, konsumen menggunakan rekening bank tunggal untuk semua transaksi pembayaran, bahkan jika mereka tinggal di luar negara asal mereka atau sering bepergian di seluruh Uni Eropa.

Dengan mempercepat inovasi, pembayaran menjadi lebih nyaman dan disesuaikan dengan keadaan khusus dari transaksi pembelian (pembayaran online vs offline, nilai mikro vs besar, dan sebagainya).

Kedua, bisnis dan administrasi publik dapat mempermudah dan memperlancar proses pembayaran mereka dan memusatkan operasi keuangan di seluruh Uni Eropa. Ini memiliki potensi signifikan untuk menghasilkan penghematan. Selain itu, standar terbuka umum dan penyelesaian yang lebih cepat dari transaksi pembayaran juga akan meningkatkan arus kas.

Ketiga, pedagang juga mendapat manfaat dari solusi pembayaran elektronik yang murah, efisien, dan aman. Peningkatan persaingan membuat alternatif dari penanganan uang tunai lebih menarik. Pada gilirannya ini juga memindahkan ke e-commerce lebih menarik dan mengarah ke peningkatan pengalaman pelanggan saat melakukan pembayaran.

Keempat, penyedia layanan pembayaran (PSP), yaitu PSP bank dan nonbank, dapat memperoleh manfaat dari skala ekonomi melalui instrumen pembayaran standardisasi sehingga mencapai penghematan biaya setelah investasi awal.

Ini membuka akses ke pasar baru, baik untuk meningkatkan basis pendapatan untuk instrumen pembayaran yang ada maupun untuk meluncurkan inovasi pada skala yang lebih luas.

Kelima, penyedia teknologi seperti vendor perangkat lunak, prosesor, dan konsultan IT dapat mendasarkan pekerjaan pembangunan dan solusi mereka pada instrumen pan-Eropa, yang memfasilitasi inovasi di seluruh negara anggota Uni Eropa.

Agar visi ini menjadi kenyataan untuk pembayaran kartu, elektronik dan nonelektronik pembayaran, sejumlah isu tambahan perlu ditangani seperti keamanan, kebebasan memilih, tanpa hambatan teknis dan inovasi bisnis, standardisasi berbagai komponen dan interoperabilitas. Harmonisasi peraturan harus membantu mendobrak hambatan untuk pembayaran lintas batas dan meningkatkan cakupan untuk kompetisi dan mengembangkan peluang baik untuk penyedia pembayaran maupun konsumen.

Agar investasi sebagai input dan output dapat terintegrasi dengan baik dalam pasar bersama ASEAN, penegakan persaingan tampaknya akan tetap diperlukan untuk mengatasi perilaku pelaku pasar yang tidak sepenuhnya diatur. Regulasi diri, khususnya di bidang standar, akan menjadi penting juga dan pertanyaan kunci adalah bagaimana memastikan bahwa insentif dari semua yang terlibat akan mendorong perkembangan yang pesat dan rollout dari standar tersebut.

Sebuah campuran yang tepat dari instrumen ini harus menghasilkan pasar pembayaran yang lebih siap untuk memenuhi kebutuhan pengguna mereka dan untuk menciptakan pasar yang terintegrasi berdasarkan teknologi saat ini dan masa depan.

Penggunaan kerja sama antarbank dan mekanisme kompensasi berarti bahwa bank-bank melepaskan penentuan diri atas posisi kompetitif mereka di pasar. Sementara mekanisme kerja sama antarbank tidak dilarang, namun dilarang bagi operator untuk menunjukkan bahwa mekanisme keuangan yang mungkin dilaksanakan seperti biaya antarbank multilateral lebih efektif daripada perjanjian bilateral bahwa mereka tidak menghilangkan persaingan dan bahwa mereka membawa kemajuan ekonomi untuk kepentingan konsumen. Kondisi ini tidak terpenuhi khususnya jika fee yang berkaitan dengan kerja sama antarbank diatur di atas tingkat fee yang kompetitif.

Dalam skenario ini, fee ini menjadi beban pedagang, yang memasukkan fee tersebut ke dalam beban mereka, dan karenanya ke dalam biaya produk atau jasa mereka dan akhirnya harga yang dibayar oleh konsumen. Jelas sekali bahwa investasi dalam sistem pembayaran sangat ditentukan oleh ada tidaknya manfaat ekonomi bagi konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar